PA. Rumah Sejahtera (11/19/2017). Al-Qur’an adalah kitab yang berisi sebaik-baik perkataan, diturunkan pada bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, karenanya orang yang membaca (tilawah), mendengar bacaan (tasmi’) dan mengkaji (tadabbur) ayat-ayat suci Al-Qur’an niscaya menjadi tenang hatinya, manakala dia betul-betul beriman kepada Allah Swt, Allah berfirman yang artinya: Allah telah menurunkan perkataan yang baik (yaitu) Al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhanya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya (QS 39:23).

Tasmi’ adalah pembelajaran Al-Quran yang dilakukan santri dan diamati serta di cek oleh asatidz. Metode ini untuk memudahkan para santri agar bisa khatam Al-Quran lebih baik
Selain itu, santri akan bertambah giat dan semangat jika memiliki seorang pengawas
Setiap kali teringat bahwa santri harus memperdengarkan hafalan kepada Ustadz, maka santri akan bertambah giat untuk menghafal, bahkan santri akan berusaha untuk mengulang – ulang hafalan supaya tidak melakukan kesalahan ketika memperdengarkannya.

Bagaimana teknisnya?

Teknis tasmi’ yaitu, bagi anak yang sudah menyelesaikan hafalan 1 juz, dia akan diuji oleh ustadznya, jika lancar baik dari makharijul hurufmadghunnah dan hafalan maka dia dinyatakan lulus dan siap di tasmi’kan.
Intinya setiap anak yang menyelesaikan hafalan 1 juz dia akan diuji kembali, misalnya dia sudah pernah tasmi’ juz 30 di depan anak-anak. Tiga bulan kemudian dia menyelesaikan lagi hafalan juz 29, maka dia wajib men-tasmi’-kan lagi juz 29 nya. Itulah pengertian tasmi, salah satu kaedah menghafal dan murojaah yang sangat baik.

Tasmi’ juz 29 oleh Aulia Azim Ghofiroh

Hari minggu adalah hari libur sekolah, sehingga hari minggu menjadi hari pembeda terhadap hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, salah satu agenda hari minggu dijadikan sebagai hari tasmi’ di PA. Rumah Sejahtera. Kegiatan tasmi’ ini dilakukan ba’da sholat subuh sampai selesai. Sebenarnya ini adalah agenda baru di PA. Rumah Sejahtera karena kegiatan sebelumnya hanya fokus untuk menghafal dan muroja’ah saja. Kegiatan tasmi’ ini diawali oleh Aulia Azim Ghofiroh, siswa kelas XII yang Alhamdulillah sudah menghafal sebanyak 4 juz. Pada kesempatan ini, Azim men-tasmi’-kan juz 29 dan Alhamdulillah hasilnya baik. Tujuan dari kegiatan ini tak lain adalah agar hafalan anak-anak tetap terjaga. ^_^

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.