Rumah Sejahtera dan Kemitraan

0
593

Panti Asuhan (LKSA) Rumah Sejahtera Ponjong sejak awal berdiri (2011) mencitakan dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada anak asuh dalam asrama saja. Lebih dari itu, Rumah Sejahtera berharap dapat menjadi rumah besar  sehingga dapat menampung banyak orang dengan beragam permasalahan kehidupan. Sudah banyak yang dilakukan oleh Rumah sejahtera untuk ikut mensejahterakan para penerima manfaat.

Berbeda dengan panti pada umumnya, Rumah Sejahtera mencoba keluar dari kebiasaan yang diprogramkan dan dilakukan kebanyakan panti asuhan. Bahkan mungkin  sering dianggap sebagai panti yang nyeleh. Demikian, karena yang disantuni bukan hanya anak asuh, melainkan juga senagian kelurag anak asuh. Selain itu, Rumah Sejahtera juga mencoba memberikan manfaat dan mencarikan solusi pelbagai masalah kehidupan masyarakat sekitarnya. Terutama yang terkait dengan ekonomi.

Awal tahun 2019 ini Rumah Sejahtera mencoba melakuka aksi lagi. Yaitu membuka kemitraan budidaya alpokat kepada masyarakt sekitar.  Pihak Rumah Sejahtera menyediakan bibit, obat, dan rabuk untuk dibagikan kepada masyarakat. Agar tepat budidayanya, masyarakat pun mendapat pelatihan budidaya dari PUSBIKAT (Pusat Bibit Alpukat) Ambarawa, Semarang. Pengetahuan sebelum memulai budidaya diharapkan menjadi bekal para petani yang bermitra maupun kepada masyarakat umum.

Masyarakat yang memenuhi persyaratan bermitra dapat mengajukan permohonan kepada Rumah Sejahtera. Pesrsyaratan tersebut antara lain adanya lahan, ada air untuk pengairan, dan adanya kesungguhan. Untuk tahap awal ini Rumah Sejahtera membagikan 200-an bibit alpukat kepada 10 orang. Sehingga rata-rata yang dimitrakan 20 bibit per orang. Diaantara ketentuan kemitraan adalah dilarangnya petani menjual alpkat kepada selain Rumah Sejahtera. Hal ini diharapkan agar tidak ada rusaknya harga karena nakalnya para tengkulak. Rumah Sejahtera lah yang nantinya menjadi distribusi tungga dalam memasarkan alpukat tersebut. Hasiknya dibagi dua antara pihak Rumah Sejahtera degan oetani yang bermitra.

Dengan adanya kemitraan ini diharapkan prisip simbiosis mutualis akan tercipta. Masyarakat meningkat tingkat ekonominya. Demikian pula Rumah Sejahtera akan mendapat masukan rupiah dari kemitraan ini. Setalah nantinya da evaluasi, dan dari hasil evaluasi ternyata positif, maka Rumah Sejahtera akan membuka kemitraan baru.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.