Tulisan Berseri tentang One Day One Hadist, dan kali ini Tentang Hadits dari Riwayat At-Tirmidzi yang bermakna Mengunjungi Taman Surga. Berikut ini adalah Hadits Lengkapnya dan juga Pelajaran yang terkandung didalamnya.

Mengunjungi Taman Surga

عن أنس رضي الله عنه قال ، قال رسول الله صلى الله عليه:
إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

Dari Anas rodhiallohu anhu berkata, bersabda rasulullah Shallallahu alaihi wa sallama:
“Jika kalian melewati taman syurga maka berhentilah. Mereka bertanya,”Apakah taman syurga itu?” Beliau menjawab,”Halaqoh dzikir (majelis Ilmu).” (Riwayat At-Tirmidzi)

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:

1- Kepada seluruh kaum muslimin, pria atau wanita, tua maupun muda (kepada yang muda sangat ditekankan) hadirilah undangan spesial dari Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَuntuk mengunjungi taman-taman surga.
2- Ternyata undangan spesial dari nabi kita adalah menghadiri majelis ilmu. Inilah undangan spesial dari nabi kita. Siapa saja yang memenuhi undangan ini juga akan mendapatkan hadiah istimewa langsung dari Allah, apa saja? Ini dia

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya. Barangsiapa yang kurang amalannya, maka nasabnya tidak mengangkatnya.” (Riwayat Muslim)

Tidak tanggung-tanggung, Allah Subhanahu Wata’ala berikan langsung empat hal bagi tamu taman-taman surga ini yaitu Allah turunkan ketenangan dalam hati, Allah berikan rahmat bagi mereka, para malaikat Allah kumpulkan ditengah majelis itu, Allah sebutkan orang yang menjadi tamu taman surga itu dihadapan para malaikat-Nya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

1- Ilmu adalah perkara mulia yang membedakan antara orang yang tau dan tidak tau.

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Adakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahuinya?” (Az Zumar: 9).

2- Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan mengangkat derajad orang-orang yang beriman di antara kalian, serta orang-orang yang berilmu dengan beberapa derajad.” (Al Mujaadilah: 11).

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.