Keberadaan pustaka berbasis digital belakangan ini dikhawatirkan akan menggeser keberadaan pustaka konvensional. Tentu hal tersebut disadari oleh banyak kalangan. Kemajuan teknologi tentu akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, dengan akses yang sangat cepat tentu masyarakat akan dimanjakan dengan efisiensi waktu serta tenaga. Akan tetapi tidak banyak hal negatif yang membahayakan bagi masyarakat.

Pustakawan Daerah, Abdul Maula menjelaskan beberapa kelebihan pustaka konvensiaonal dibanding dengan pustaka berbasis digital. “Membaca buku bisa menjadikan manusia berfikir secara sistematis dibanding dengan membaca dari sumber internet. Sebab jika kita lihat, buku memiliki daftar isi yang sangat sistematis sehingga membantu manusia untuk berfikir secara sistematis juga,” terangnya dalam Pelatihan Manajemen dan Pengelolaan Pustaka Keagamaan (8/5)

Sedangkan jika mencari sumber melalui internet, lanjutnya, menjadikan manusia berfikir secara acak. Biasanya orang ketika membuka satu situs maka akan membuka situs lain, dengan demikian maka cara berfikirpun akan menjadi acak.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.