Satu diantara tujuan Panti Asuhan Rumah Sejahtera Ponjong adalah kemandirian anak asuh. Anak asuh tidak hanya mendapat pendidikan formal yang lebih banyak ke arah akademisnya, yang lebih mengedepankan IQ. Namun, anak asuh juga mendapat pendidikan yang mengarahkan kepada kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan social (SQ), dan life skill.   Hal tersebut didasari oleh kenyataan yang ada, bahwa produk pendidikan (baca sekolah) masih lebiH mengedepankan kecerdasan kognitif. Dalam tataran kenyataan hidup kelak di masyarakat, untuk dapat mendiri ternyata anak asuh juga membutuhkan kecerdasan yang lain.

 

Berbagai kegiatan yang diadakan pun tidak terlepas untuk mewujudkan tujuan tersebut. Agar pada saatnya  punya kepedulian social,sengaja anak asuh dilibatkan dengan berbagai kegiatan social di tengah masyarakat: kerja bakti, bersih lingkungan, karang taruna, maupun kegiatan Remaja Masjid (ARIA). Pada saat tertentu anak asuh kita ajak untuk kunjung warga dengan berbagi kasih.

Anak asuh juga mendapat pelatihan kewirausahaan. Mulai dikenalkan berbagai usaha, analisa usaha, sampai produksi, dan pemasaran.  Suatu ketika anak asuh disediakan makanan kecil maupun alat sekolah (buku, tinta, pensil, dll) dengan kita jelaskan harga belinya. Anak asuh diajari  menentukan pemasarannya. Ternyata sangat kelihatan anak asuh punya bakat dagang dan yang tidak.

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaLomba Masak
Berita berikutnyaIzin Operasional
Saya, Faizuz Sya’bani. Saat ini sebagai penjaga gawang MTs Negeri Semanu Gunungkidul Yogyakarta. Dengan segala kedhoifan yang ada, saya berusaha memberikan yang terbaik bagi Allah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.