Ponjong (LKSA Rumah Sejahtera)- Alhamdulillahirabbil’aalamiin, segala puji hanya milik Allah pencipta seluruh alam. Atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya, tak henti-hentinya kami mengucap syukur atas karunia iman, islam, dan kesehatan sehingga kami masih bisa menjalankan kewajiban sebagai hamba-Nya.

Jum’at (09 November 2018), 23 orang anak asuh LKSA Panti Asuhan Rumah Sejahtera menghadiri undangan dalam rangka bakti sosial yang diadakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (Pengda IDGAI DIY-Jateng) yang bekerjasama dengan Majelis Sosial PDA Yogyakarta di Hotel JW. Marriott (Jl. Ringroad Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta 55283).

perjalanan menuju hotel

Karena mengalami kemacetan dalam perjalanan, rombongan baru sampai lokasi pukul 15:20 WIB. Sesampainya di hotel, kami terlebih dahulu melaksanakan sholat ashar berjama’ah di lantai 1. Setelah sholat, kami menuju lantai 2 tempat diadakannya kegiatan bakti sosial. Sampai di lantai 2, kami diarahkan oleh panitia untuk masuk ke ruangan dan duduk di kursi yang telah disiapkan. Tidak lama kemudian, para dokter yang bertugas langsung mendatangi anak asuh dan memulai pemeriksaan gigi.

proses pemeriksaan gigi dan pemberian edukasi

Sebelum dilakukan tindakan, anak-anak diajak mengobrol sambil diberi edukasi dalam perawatan gigi yang baik dan benar. Di antaranya adalah waktu menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Kemudian juga dipraktekkan cara menyikat gigi yang benar. Dengan adanya edukasi seperti ini, anak asuh menjadi paham mengenai cara merawat gigi agar tetap sehat. Setelah berdialog, anak asuh langsung diperiksa dan diberi obat oles. Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui ada gigi yang berlubang, oleh dokter yang melakukan pemeriksaan disarankan untuk segera dilakukan penambalan.

Kurang lebih ada 150 anak yang menghadiri acara tersebut, sehingga pukul 16:30 WIB kegiatan pemeriksaan gigi baru selesai dilakukan. Kesimpulannya adalah agar memiliki gigi yang sehat dan kuat, cukup dengan menggosok gigi minimal 3x sehari (pagi, sore, malam sebelum tidur).

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.