Fa biayyi aalaai Rabbikumaa tukadzibaan… “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” Ayat Allah yang diulang hingga 31x dalam surat Ar-Rahman. Sungguh, tak terhitung betapa banyak nikmat Allah yang kita terima setiap hari. Mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur lagi semua hanya karena Allah. Sudah sepantasnya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita semua.

Alhamdulillah, kegiatan sore hari menjelang maghrib di PA.RUMAH SEJAHTERA selalu diisi dengan tilawah bersama. Ada yang menambah hafalannya, ada yang muroja’ah, ada yang menyimak bacaan temannya, dan ada juga yang mentadabburinya dengan membaca serta memahami arti dari ayat-ayat Al-Qur’an. Mengenalkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak asuh merupakan langkah terbaik untuk melahirkan generasi cerdas qur’ani, tidak hanya cerdas otak (IQ) tapi anak juga diajarkan agar cerdas secara emosional spiritual (ESQ).

Man Jadda Wa Jadda, Barang siapa bersungguh-sungguh maka ia dapat. Semangat anak asuh untuk menghafal Al-Qur’an semakin jelas terlihat dengan peningkatan hafalan yang dimiliki. Daya ingat setiap anak berbeda, sehingga mereka memiliki cara tersendiri untuk menambah hafalan. Ada sebagian anak yang hanya dengan mendengarkan saja sudah bisa menghafal, ada yang harus dibaca berulang-ulang, ada juga yang bisa menghafal satu halaman dalam satu hari. Perbedaan ini justru menambah semangat anak untuk berlomba menambah hafalan dengan teman lainnya.

Menghafal Al-Qur'an
Sedang menghafal al-Qur’an

One Day One Ayat, metode yang seringkali dipilih oleh para penghafal Al-Qur’an. Pun berlaku untuk anak asuh PA.RUMAH SEJAHTERA. Walaupun hanya satu ayat tapi sangat bermanfaat untuk terus menjaga dan menambah hafalan. Sejauh ini telah banyak santri yang sudah memiliki hafalan 3 sampai 5 juz, ada pula yang sudah menghafal sampai 8 juz. Alhamdulillah, semua santri tidak merasa terbebani dengan adanya motode pembelajaran menghafal al-qur’an (tahfidz), karena para santri memiliki semangat yang kuat untuk menjadi hafidzoh“. HAMASAH, doakan kami agar selalu diberi kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an supaya menjadi kekasih Allah SWT.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.